Selasa, 30 Maret 2010

CARA MEMBUAT WEBSITE DI BLOGSPOT

Sama seperti email, kita harus memiliki akun (account) jika kita ingin memiliki atau membuat blog. Bagaimana caranya kita memiliki akun itu? Caranya kita harus daftar. Kita siapkan terlebih dahulu domain. Domain adalah alamat atau nama website yang sering kita ketikkan di kolom address pada browser saat kita mau membuka sebuah website. ada lagi yang namanya hosting. Hosting adalah tempat dimana kita menyimpan data website kita. Nah, disini kita memakai hosting yang free yang sangat terkenal adalah http://www.blogger.com. Sebetulnya ada lagi yang free lainnya yaitu http://www.wordpress.com. dan mungkin yang lainnya yang saya belum tahu.

  1. Pertama yang harus kita lakukan adalah masuk ke http:/www.blogger.com, untuk daftar blog baru.
  2. Setelah anda berada pada situs blogger.com, klik tombol atau kotak berwarna orange bertuliskan BUAT BLOG. Isikan pada kolom yang tersedia semua data yang diperluka. Gunakan alamat email anda yang masih aktif. Jangan lupa sebelum lanjut klik ke langkah selanjutnya, isikan tanda cawang, atau tanda checker pada kotak kecil di sebelah kiri tulisan "Saya menerima......". Berikutnya baru anda klik tanda anak panah berwarna orange bertuliskan "Lanjutkan". Nah, lebih jelasnya kolom-kolom yang dimaksud adalah sebagai berikut :
  3. Anda sudah melangkah pada tahap berikutnya. Berikan nama pada judul blog sesuai dengan keinginan anda. Misalnya, jika berhubungan dengan elektronika maka bisa saja anda memberikan nama judul blog anda dengan Dasar Elektronika atau Elektronika Bagi Pemula, atau bahkan naa yang lain sesuai selera. Setelah itu isikan nama alamat web blog anda. berilah nama yang unik yang mudah dikenal oleh anda atau orang lain. Nama itu menarik perhatian bagi calon pengunjung (Traffic). Lalu Klik LANJUTKAN. Untuk lebih jelasnya lihat disini :
  4. Berikutnya adalah memilih template blog anda. Pilih sesuka hati anda. Seperti biasa langkah berikutnya klik tombol LANJUTKAN.
  5. Sekarang blog anda sudah jadi yang ditandai dengan tampilnya gambar berikut :
  6. Anda sudah dapat mulai berkreasi dengan berbagai macam tulisan atau artikel. Sebaiknya atikel yang anda muat adalah sesuaid dengan judul dan nama webblog anda. Untuk berkreasi anda dapat menuangkan ide-ide anda yang cemerlang yang berguna bagi semua pengunjung web anda tentunya pada lembar web blogspot seperti ini :

Begitu lah kiranya cara membuat web di blogspot. Tuangkan ide-ide anda. Semoga bermanfaat.
Jika anda masih baru di dunia blogging seperti saya, silakan anda lihat tutorial cara memposting artikel DISINI.

Silakan mencoba.

0 komentar:


Blogger Layouts by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Green House Ideas